Resepsi kerap kali dianggap sebagai prosesi pernikahan yang paling menghabiskan banyak dana. Terutama untuk biaya pemesanan gedung yang memakan anggaran tertinggi, terlebih di ibu kota Jakarta. Tetapi sebenarnya di Jakarta sendiri terdapat banyak gedung resepsi yang mematok tarif sewa sangat terjangkau, sebagaimana gedung-gedung yang diulas dalam artikel berikut ini.

Graha Jala Bakti

Graha Jala Bakti

Sanggup menampung tamu undangan hingga kapasitas 1000 orang dengan harga yang sangat murah membuat gedung ini tidak pernah sepi peminat. Berada di areal Komplek TNI AL Pangkalan Jati Jakarta Selatan, gedung ini disewakan dengan tarif mulai 5,5 juta rupiah pada hari kerja dan terpaut selisih 1 juta untuk akhir pekan.

Selain memiliki daya tampung yang besar, tempat parkir Graha Jala Bakti juga memiliki areal parkir basement yang luas serta aman, sehingga tamu yang datang tidak perlu khawatir mobil mengalami kerusakan atau kehilangan. Penawaran lain yang diberikan adalah paket kerja sama dengan WO berpengalaman dengan potongan harga yang menggiurkan.

Baca juga : Menu Makanan Resepsi Pernikahan Sederhana yang Paling Diminati

Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi

Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi

Taman Mini Indonesia Indah terkenal sebagai salah satu taman hiburan terbesar di Indonesia. Sebab itu, TMII pun memiliki banyak bangunan unik yang kemudian juga disewakan pada kalangan umum untuk menggelar sebuah acara, termasuk resepsi pernikahan. Gedung Museum Purna Bhakti Pertiwi di areal tersebut termasuk yang paling diminati pengantin.

Pertama dikarenakan arsitektur gedung yang unik, menyerupai tumpeng. Kedua, daya tampungnya cukup besar, mencapai 1000 undangan. Dan terakhir, tentu saja biaya sewanya yang relatif murah untuk lokasi bonafit seperti komplek TMII, yakni 9 juta rupiah. Gedung sudah full AC dan areal parkir pun luas, serta fasilitas yang terawat dengan baik.

Auditorium Kementerian Pertanian

Auditorium Kementerian Pertanian

Untuk mempelai yang cukup sabar, dapat mencoba untuk menggelar resepsi di Auditorium Kementerian Pertanian yang berada di daerah Ragunan, Jakarta Selatan. Sebab, gedung ini selalu full booking sampai satu tahun kemudian. Daya tampungnya besar, mencapai lebih dari 1500 orang. Tarif yang dipatok oleh pengelola hanya 10 juta rupiah saja.

Gedung ini full AC dengan quality control yang sangat bagus, sehingga meskipun kerap digunakan tidak lantas mengalami kerusakan. Area parkir yang kerap menjadi pertimbangan utama agar tamu undangan tidak kesulitan untuk urusan kendaraan pun tersedia luas. Bagi yang ingin sekaligus menggelar akad nikah pun dapat menggunakan masjid di samping gedung.

Gedung Balai Makarti Muktitama Depnakertrans

Gedung Balai Makarti Muktitama Depnakertrans

Berada di kawasan strategis dekat stasiun dan apartemen Kalibata, Gedung Balai Makarti Muktitama milik Depnakertrans DKI Jakarta ini tidak lantas mematok tarif mahal untuk sewa. Cukup dengan dana 7 juta rupiah saja, pasangan pengantin sudah dapat menggelar pesta resepsi impian di gedung berbentuk rumah Joglo dengan kapasitas 800 orang ini.

Gedung Departemen Pertanian

Gedung Departemen Pertanian

Antrean untuk pemesanan gedung ini juga harus dari jauh-jauh hari, minimal setahun sebelum acara. Wajar bila peminat untuk menyewa Gedung Departemen Pertanian sangat tinggi, mengingat kapasitasnya yang dapat menampung hingga 2000 tamu undangan dengan tarif sangat terjangkau, yakni 8,5 juta rupiah saja.

Sewa Gedung Pernikahan Di Jakarta Sejatinya Tidak Mahal

Selain gedung-gedung di atas, sebenarnya masih banyak sekali deretan venue lain dengan harga murah untuk menggelar resepsi pernikahan di Jakarta. Tetapi tentu murahnya tarif tersebut mempengaruhi minat tinggi dari para klien sehingga bagi calon pengantin pun hendaknya melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari serta bersabar jika ingin mendapatkan harga sewa terbaik.

Baca juga : Referensi Tempat Resepsi Pernikahan Di Jakarta Berkonsep Garden Party