Pernikahan merupakan suatu babak baru yang dijalani oleh seseorang. setelah melakukan pernikahan, seseorang akan ditemani oleh orang lain dalam menjalani kehidupan. Itulah mengapa, pernikahan harus dipersiapkan dengan matang agar pelaksanaan prosesi yang akan dilakukan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Ada banyak sekali hal yang harus disiapkan. Mulai dari tamu yang akan diundang, tema dan konsep acara, makanan dan minuman yang akan dihidangkan, acara hiburan yang akan ditampilkan, dan lain-lain. Persiapan itu membutuhkan waktu yang lama. Makanya, banyak sekali calon pasangan pengantin yang sudah mulai mencari vendor atau weddingorganizer(WO) beberapa bulan sebelum acara pernikahan dilakukan.

Beberapa calon pengantin mungkin ada yang lebih memilih WO agar persiapan bisa lebih ringan. Calon pengantin hanya harus membayar sejumlah, kemudian persiapan akan segera dilakukan oleh WO. Namun, tidak sedikit pula calon pengantin yang sepakat untuk melakukan semua persiapan sendiri, tanpa ada bantuan WO.

Hal tersebut tentu saja bukan suatu masalah, melihat kemungkinan baik yang akan terjadi. Calon pengantin dan seluruh pihak yang terlibat akan lebih bebas menyiapkan semua keperluan. Salah satu hal yang bisa disiapkan oleh calon pengantin tentu saja dekorasi pernikahan yang akan digunakan.

Baca juga : 5 Destinasi Tempat Bulan Madu Romantis & Murah Di Indonesia

Dekorasi pernikahan tentu saja harus mengikuti tema atau konsep yang akan digunakan. sekarang ini, banyak sekali tema atau konsep pernikahan yang lebih fresh. Pernikahan tidak lagi dilaksanakan di suatu ruangan dengan konsep yang hampir sama dalam suatu pernikahan dan pernikahan yang lain. Di bawah ini akan diberikan sedikit ide dekorasi pernikahan yang bisa dicoba.

  1. Balon Warna-Warni
12 best Wedding Balloon decorations images on Pinterest Inspiration of simple wedding reception ideas

Seperti yang terlihat pada gambar, balon warna-warni merupakan highlightdalam dekorasi pernikahan yang digunakan. tentu saja warna dari balon yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan selera. Balon yang telah diisi dengan gas helium diletakkan di atas meja sebagai dekorasi. Agar balon tidak lari kemana-mana, berikan pemberat seperti batu atau yang lainnya dan diikatkan pada tali balon. Tidak hanya diletakkan di atas meja, balon juga bisa digunakan sebagai penghias dinding ruangan yang digunakan. jangan lupa untuk memberikan pita agar acara semakin terasa meriah.

  1. Garden Party dengan Bunga yang Sederhana

Garden party merupakan salah satu konsep acara pernikahan yang banyak digunakan oleh pasangan pengantin. Konsep acara ini dapat memberikan suasana yang lebih segar dan tidak terlalu formal. Jika memutuskan untuk memilih konsep gardenparty, ada hal yang sangat mudah untuk disiapkan.

Calon pengantin hanya perlu menyiapkan bangku-bangku yang digunakan para tamu undangan untuk duduk. Selain itu sebagai tempat calon pengantin melakukan prosesi bisa dilakukan di panggung dengan kain putih yang dipasang menyerupai gapura. Tidak lupa, beri hiasan pemanis berupa bunga yang ditaburkan seperti yang terlihat pada gambar.

  1. Konsep Prasmanan di Halaman Rumah

Bila memiliki halaman rumah yang cukup luas untuk menampung tamu undangan pernikahan, jangan ragu untuk melakukan pernikahan di situ. Selain menghemat biaya, halaman rumah juga tidak kalah menarik dari gedung pernikahan yang biasa digunakan. dengan mengusung konsep prasmanan, siapkan beberapa meja tanpa kursi sebagai tempat meletakkan makanan. Beri hiasan berupa balon dan pita yang dipasang sesuai selera.

  1. Dekorasi Tulisan yang Menarik Perhatian

4. Dekorasi Tulisan yang Menarik Perhatian

Konsep gardenpartysangat dimungkinkan untuk dibawa ke dalam ruangan. Hal yang perlu disiapkan adalah tanaman-tanaman segar yang diletakkan di berbagai penjuru ruangan. Tidak terkecuali dengan tempat yang akan digunakan dengan mempelai. Agar lebih menarik, bisa juga dengan menambah dekorasi tulisan seperti yang ada pada gambar. Tidak perlu terlalu berlebihan, cukup tulisan nama mempelai pun sudah cukup.

Empat ide dekorasi di atas sangat mungkin dilakukan tanpa menggunakan jasa WO. Namun, persiapan tentu saja harus dilakukan pada jauh hari sebelum pernikahan diselenggarakan agar bisa berjalan lancar.

Baca juga : Contoh Undangan Pernikahan Simple dan Elegan